Tuesday, October 16, 2012

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Image-79Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar - Mencari pekerjaan saat ini bukan perkara mudah, Selain lapangan pekerjaan yang semakin terbatas, Persaingan untuk mendapatkan pekerjaanpun semakin ketat. Untuk memperoleh keberhasilan anda dalam memperoleh pekerjaan salah satu yang terpenting yang perlu diperhatikan adalah pembuatan surat lamaran kerja yang anda ajukan pada perusahaan atau intansi lainya.

Pada dasarnya konsep surat lamaran kerja memiliki inti yang sama. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik saat menulis dan membuat surat lamaran pekerjaan yang baik :

Impresif

Tampilkan jati diri kita secara menarik. Isi surat hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan tetapi juga tidak terlalu merendah. Untuk Menarik minat calon atasan,
Kesan pertama sangat penting. Usahakan untuk menyusun surat yang ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria kita

Menyebutkan kualifikasi yang diraih

Prestasi kerja maupun pengalaman yang sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangkan.

Menggunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat

Gunakan bahasa yang sederhana dan ringkas. Kita mempunyai kesempatan untuk menjabarkan semuanya dalam kesempatan wawancara. Untuk saat ini, buatlah penjelasan yang singkat tetapi efektif.

Kalimat yang efektif

Hindari kalimat yang tidak efektif, kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung yang berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal, yang persis seperti kalimat yang sedang anda baca saat ini, yang menggunakan kata sambung “yang” secara berulang-ulang dan berlebihan.

Bahasa Indonesia saja

Jika tidak diminta, hindari penggunaan bahasa Inggris, terutama jika kemampuan bahasa Inggris kita kurang baik. Jika bahasa Inggris kita bagus, boleh saja membuat surat lamaran berbahasa Inggris, yang tentu saja merupakan sebuah “nilai plus” bagi kita.

Tujuan dan alasan melamar

Cantumkan tujuan dan alasan kita melamar. Biasanya tujuan yang sering disebutkan dalam surat lamaran adalah bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman yang memadai dalam bidang pekerjaan tertentu, dan dengan bergabungnya kita ke suatu perusahaan akan dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perusahaan tersebut.

Kerapihan

Gunakan kertas yang bagus, bersih dan rapih, tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah terkoyak. Jangan menulis atau mencetak dengan tinta yang terlalu tipis agar surat lamaran mudah dibaca, dan hindari penggunaan tip-ex.

Tulisan tangan atau komputer ?

Lebih baik menggunakan komputer, kecuali perusahaan yang kita tuju mensyaratkan agar surat lamaran ditulis dengan tangan.  Agar diperoleh kualitas tulisan yang setara dengan kualitas tulisan dari mesin cetak, sebaiknya gunakan printer inkjet atau laser, dan hindari penggunaan printer dot matrix karena akan memberi kesan kita orang yang tertinggal dalam hal teknologi. Gunakan jenis font standar, seperti Times New Roman untuk memberi kesan formal.

Semoga bermanfaat bagi anda yang tengah mencari lowongan kerja, baik itu bagian akuntasi, keuangan, perpajakan, finansial, sales, marketing, BUMN, lamaran ke Bank, lamaran Office Boy, pabrik, dan pegawai atau staff lainnya.

Artikel Terkait

- Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar Deskripsi: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar - Mencari pekerjaan saat ini bukan perkara mudah, Selain lapangan pekerjaan yang semakin terbat... Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►